Senin, 10 Agustus 2015

Mendaki Rinjani, Gunung Paling cantik Indonesia

Ada satu lagi maksud wisata alam di Lombok yang disenangi banyak kelompok penikmat perjalanan, yaitu Gunung Rinjani Lombok.

Pesona Lombok juga sebagai lokasi pulau yang populer dengan destinasi wisata baharinya seperti Gili Trawangan, Pantai Senggigi, serta Kuta Lombok juga ada pada daya pikat Gunung Rinjani yang menantang serta menyuguhkan lanskap indah nan menawan dari ketinggian. Tak gampang mengalahkan Gunung Rinjani lantaran Anda mesti lakukan pendakian kian lebih 4 km., belum lagi melalui halang rintang sepanjang pendakian.

Bila Anda mau lakukan perjalanan ke Gunung Rinjani, sebaiknya bukan hanya coba-coba. Anda mesti mempunyai nyali yang cukup, keadaan fisik yang ideal, dan sedikit knowledge base pendakian gunung.

Gunung Rinjani Lombok terdapat dibagian utara Pulau Lombok, adalah gunung paling tinggi di Propinsi Nusa Tenggara Barat dengan ketinggian meraih 3. 726 mtr. diatas permukaan laut. Gunung Rinjani yaitu juga gunung paling tinggi ke tiga di Indonesia.
Pesona sunrise di puncak Gunung Rinjani Lombok

Pesona sunrise di puncak Gunung Rinjani Lombok lewat kemanaajaboleeh. com

Menurut cerita lokal yang berkembang, Gunung Rinjani adalah istana sebagai tempat bersemayam ratu jin yang bernama Dewi Anjani. Dewi Anjani ini yaitu puteri seseorang raja bernama Datu Tuan serta permaisurinya Dewi Mas yang konon berkuasa di suatu kerajaan kecil di Pulau Lombok.

Alamat Gunung Rinjani Lombok : Taman Nasional Gunung Rinjani, Sembalun Lawang, Nusa Tenggara Barat
Peta Tempat : klik di sini
Koordinat GPS : -8. 4112952, 116. 4573488
Eksotisme Gunung Rinjani Lombok

Lepas benar atau tidaknya mitos Gunung Rinjani Lombok itu, obyek wisata kebanggaan orang-orang Nusa Tenggara Barat ini menaruh pesona alam yang eksotis serta mempesona. Banyak titik-titik menarik yang bisa Anda jumpai di Gunung Rinjani, dari mulai sisi kawah, danau, mata air panas, goa, air terjun, lubang letusan, pemandangan kaldera, puncak, sampai aliran lava baru.
Air Terjun Sendang Gile di kaki Gunung Rinjani

Air Terjun Sendang Gile di kaki Gunung Rinjani lewat lombokindonesia. org

Beberapa spot wisata Gunung Rinjani serta favorite di kelompok wisatawan, yakni Tetebatu, Senaru, serta Sembalun dengan keindahan alam pegunungan yang eksotis. Ada satu spot lagi yang tidak kalah menarik di Gunung Rinjani Lombok, yaitu Segare Anak, suatu danau yang terbentuk dengan cara alami disebabkan letusan Gunung Rinjani di saat lampau. Segare berarti laut, dengan hal tersebut Segare Anak dapat disimpulkan juga sebagai lautan kecil anak dari Gunung Rinjani.
Pemandangan indah Danau Segara Anakan di Gunung Rinjani

Pemandangan indah Danau Segara Anakan di Gunung Rinjani lewat trekrinjani. blogspot. com

Oleh orang-orang lokal, danau ini kerap dikatakan sebagai laut lantaran air danau itu berwarna biru jernih seperti air laut asli. Danau Segare Anak ada pada ketinggian 2. 800 mtr. serta mempunyai beragam type ikan, seperti ikan harper, mujair, sampai ikan Mas.

Lagi-lagi menurut kepercayaan lokal, konon Danau Segare Anak diakui dapat mengobati beragam jenis penyakit. Bahkan juga tempat ini dulunya kerap jadikan tempat pemujaan atau ritual untuk memperoleh pengetahuan atau benda-benda sakti.

Tidak jauh dari Danau Segare Anak, Anda bisa dapatkan suatu gunung kecil yang bernama Gunung Baru atau New Mountain. Tidak beberapa orang yang berani mengalahkan puncak Gunung Baru ini karena sampai saat ini gunung itu selalu keluarkan gas.
Flora & Fauna Gunung Rinjani Lombok

Tidak cuma tawarkan pesona panoramanya yang eksotis, Gunung Rinjani Lombok juga mendatangkan keindahan dunia flora serta fauna. Pada ketinggian 1. 000 mtr. sampai 2. 000 mtr. di bagian selatan serta barat gunung, Anda bisa temukan beberapa tumbuhan yang tidak sering didapati di dataran rendah. Tumbuh-tumbuhan itu yaitu Dysoxylum sp, Ficus Superba, dan Pterospermum.
Desa Sembalun Lawang ketinggian 1200 mtr. dpl

Desa Sembalun Lawang ketinggian 1200 mtr. dpl lewat trekkingrinjani. com

Bila Anda pergi lebih ke atas lagi sampai di ketinggian 2. 000 – 3. 000 mtr., Anda bakal menjumpai tumbuhan Cemara Gunung (Casuarina Junghuhniana). Diatas ketinggian kian lebih 3. 000 mtr., sedikit tumbuhan yang hidup terkecuali hamparan rumput serta bunga Edelweiss (Anaphalis Javanica). Bila Anda mengalihkan pandangan ke arah timur, Anda bakal melihat pohon-pohon Akasia yang tumbuh disana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar